Perbedaan HP Realme 7 dan Realme 7 Pro

Perbedaan HP Realme 7 dan Realme 7 Pro

Theclockworkbibliophile – Lagi-lagi pemasok smartphone asal China, Realme kembali memperkenalkan staf baru mereka. Tanpa mengurangi bulan yang sama, pada September 2020 ada dua model baru Realme, yakni Realme 7 dan Realme 7 Pro.

Dua smartphone dengan sistem operasi yang sama, yakni Android 10, ternyata memiliki kemiripan dari segi kamera belakang. Resolusi lensa kamera utama Realme 7 dan Realme 7 Pro kompak dengan ukuran 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP. Hal yang sama berlaku untuk resolusi dan fungsionalitas video.

Selain itu, Realme 7 dan Realme 7 Pro memiliki tipe WLAN, USB, dan microSDXC. Lantas, apakah ada perbedaan antara kedua ponsel ini? Tentu ada beberapa, seperti memasang fitur FM Radio yang hanya bisa dinikmati di Realme 7. Berbeda dengan Realme 7 Pro yang tidak memiliki fitur konektivitas FM Radio.

Jika Anda belum mengetahui cara memilih antara Realme 7 dan Realme 7 Pro, Anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan keduanya melalui penjelasan berikut ini.

1. Memiliki tubuh yang langsing dan berbeda

Berbicara mengenai bodi kedua ponsel, perbedaannya tidak terlalu kentara dari segi dimensi dan bobot. Dimensi Realme 7 lebih besar dengan ukuran 162,3 x 75,4 x 9,4mm, sedangkan Realme 7 Pro justru mengecil menjadi ukuran 160,9 x 74,3 x 8,7 mm. Meski selisihnya hanya beberapa milimeter, namun bodi Realme 7 Pro lebih kecil dibandingkan dengan Realme 7.

Dalam hal berat, perlu dicatat bahwa Realme 7 Pro lebih ringan di 14,5g dibandingkan dengan Realme 7. Ponsel Realme 7 memiliki berat 196,5g, sedangkan Realme 7 Pro memiliki berat 182g. Jadi jika Anda mencari bodi yang ringan, maka Realme 7 Pro adalah pemenangnya, namun dimensinya lebih kecil dari Realme 7.

Masih dalam negosiasi bodi, Realme 7 dan Realme 7 Pro, meski memiliki empat lensa untuk kamera utama, namun memiliki desain yang berbeda. Desain kamera utama Realme 7 terlihat seperti empat sejajar ke bawah, sedangkan Realme 7 Pro terlihat seperti huruf L. Namun, secara keseluruhan desain kedua ponsel tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Oh ya, saya hampir lupa kalau ada beberapa spot yang sepertinya tidak dimiliki oleh Realme 7, tetapi ada di dalam bodi Realme 7 Pro. Slot SIM yang diusung Realme 7 hanya Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by). Namun, Realme 7 Pro dengan dual SIM (Nano-SIM, dual standby) juga kompatibel dengan anti air, tahan air hingga level hidrofobik.

Menurut Wia.id, untuk sampai ke level ini, produk biasanya dilapisi dengan lapisan tipis khusus, baik di dalam, di luar, atau keduanya dengan semacam pelapis nanoteknologi.

2. Pertarungan ketajaman layar

Ponsel kakak beradik ini tampak memiliki identitas yang berbeda di layar, baik dari segi jenis, ukuran, resolusi, maupun proteksi layar. Tipe layar yang diusung Realme 7 adalah tipe IPS LCD dengan refresh rate 90Hz yang membuatnya mulus.

Berkat banyak kecepatan refresh ini, kinerjanya lebih baik saat menggulir antarmuka dan bermain game. Kemudian untuk tingkat kecerahan standar yaitu 480 nits. Menggunakan layar IPS LCD juga tidak memakan banyak baterai.

Perubahan tipe layar yang diadopsi oleh Realme 7 Pro adalah Super AMOLED. Berkat layar jenis ini, Realme 7 Pro jauh lebih responsif, sehingga sentuhan sederhana pada layar ponsel akan langsung merespons.

Layar Super AMOLED dikatakan dapat memperbarui piksel secara mandiri dan memiliki saturasi dan kualitas warna yang sangat tinggi. Menggunakan Super AMOLED tidak menggunakan baterai besar, dikatakan 10 kali lebih hemat.

Dalam hal ukuran layar, Realme 7 lebih besar yaitu 6,5 inci dan memiliki rasio layar-ke-tubuh 83,4%. Sementara itu, Realme 7 Pro hanya sedikit berbeda lebarnya, yakni 6,4 inci dengan rasio screen-to-body 82,7%. Dengan demikian, Realme 7 Pro sedikit lebih kecil dari Realme 7.

Untuk resolusi tidak ada perbedaan antara kedua smartphone ini, 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9, namun tingkat ketajaman Realme 7 Pro lebih stabil. Bukan tanpa alasan, realme 7 hanya memiliki kerapatan layar/piksel 405 ppi dan realme 7 Pro memiliki kerapatan layar 411 ppi.

Disusul dengan pelindung layar, ternyata realme 7 Pro jadi jagoan di bidang ini. Pada Realme 7, pelindung layarnya dibalut Gorilla Glass 3, berbeda dengan Realme 7 Pro yang dilengkapi dengan Gorilla Glass 3+. Berkat plus pada jenis perlindungannya, membuat Realme 7 Pro lebih tahan terhadap goresan.

3. Punya OS Sama tapi Beda Prosesor

Kedua ponsel menggunakan sistem operasi yang sama yaitu Android 10, namun ada beberapa perbedaan antara prosesor Realme 7 dan Realme 7 Pro. Realme 7 rupanya mengambil Mediatek Helio G95 sebagai perangkat keras.

Untuk prosesor atau CPU utama, Realme 7 terbagi menjadi dua tipe delapan core (2×2.05 GHz Cortex-A76 dan 6×2.0 GHz Cortex-A55). Jadi untuk pengolah grafis atau GPU, smartphone ini memilih Mali-G76 MC4.

Dilanjutkan dengan Realme 7 Pro yang mengajak Qualcomm Snapdragon 720G untuk digunakan sebagai chipset, dengan Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold dan 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver) sebagai CPU dan Adreno 618 untuk GPU . . . Lantas mana yang lebih baik dari segi prosesor dari kedua smartphone besutan realme ini?

Realme 7 hadir dengan Mediatek Helio G95 yang dilihat dari data GeekBench 5.1 (multi-core) memiliki nilai yang rendah dibandingkan dengan Realme 7 Pro. Realme 7 hanya berhasil mencetak skor 1681, sedangkan Realme 7 Pro jauh di atas 1811. Meski begitu, Realme 7 masih kalah dengan pendahulunya, Realme 6.

Dari segi grafis, sepertinya Adreno 618 milik Realme 7 Pro harus kalah dibandingkan dengan Mali-G76 MC4. Dari hasil pemrosesan GFX 3.1 Manahattan, terlihat bahwa skor yang diraih oleh Realme 7 Pro tertahan di angka 25, sedangkan Realme 7 memiliki nilai 28. Realme 7 Pro juga harus menerima kekalahan yang lebih pahit mengingat nilai area ini. itu lebih kecil dari Realme 6 dan Realme 6 Pro.

Namun jika melihat hasil perbandingan skor AnTuTu8, realme 7 memiliki nilai 292828 dan realme 7 pro memiliki skor 278414. Artinya performa yang dihasilkan oleh realme 7 lebih tinggi dan lancar, terutama saat bermain game.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru